Jumping Jack, Olahraga Menyenangkan Untuk Membakar Lemak

Dalam sebuah jurnal yang berjudul American College of Sports Medicine’s Heatlh & Fitness disebutkan bahwasanya latihan bodyweight “Jumping Jack” merupakan cara yang sangat tepat, cepat, efisien serta sangat murah yang dapat kita lakukan untuk membakar lemak berlebih agar berat badan menjadi turun.

Dengan porsi latihan yang cukup dan tepat, latihan bodyweight akan membantu tubuh kita dalam membakar jumlah lemak berlebih. Ketika kita mempunyai lemak berlebih menjadi pemicu kegemukan dan berbagai macam penyakit. Setelah melakukan latihan ini kita juga akan merasakan metabolisme dalam tubuh kita menjadi lebih baik 72 jam kemudian.

Di dalam jurnal yang sama, juga dikemukanan bahwa latihan Jumping Jack juga bermanfaat untuk membantu penyerapan oksigen. Selain tiu Jumping Jack berfungsi menangkal terjadinya resistensi insulin (kondisi dimana tubuh manusia menolak hormon insulin yang berfungsi untuk mengatur jumlah kadar gula darah). Hal ini adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes yang harus dihindari.

Jumping Jack Bukan Olahraga Mahal dan Berat

Menariknya, untuk bisa menikmati beberapa keuntungan yang luar biasa diatas kita tidak perlu bersusah payah melakukan olahraga berat. Karena kita hanya perlu berolahraga memeras keringat sekitar 7 menit tanpa menggunakan alat bantu dengan harga yang mahal.

Kita hanya butuh modal sedikit saja, yakni dinding, kursi, berat tubuh masing-masing dan juga niat serta tekad yang kuat. Pada dasarnya ada beberapa gerakan latihan kebugaran yang bisa kita lakukan untuk membakar lemak salah satunya adalah jumping jack.

Selain mampu membakar lemak berlebih, latihan ini juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita. Dalam kesempatan kali ini kami ingin membahas manfaat jumping jack yang merupakan salah satu latihan kebugaran untuk membakar lemak.

Berlari, bersepeda, ataupun berenang adalah beberapa contoh latihan yang membutuhkan hampir semua kerja otot utama. Dengan demikian kerja jantung dapat dipacu serta pembakaran kalori dalam tubuh pun bisa meningkat.

Namun kenyataanya tidak semua orang di dunia ini memiliki waktu yang cukup luang untuk melakukan olahraga ini, sehingga mereka akan cenderung lalai dan melupakan kebiasaan yang sangat baik ini. Bahkan banyak juga yang memiliki waktu luang namun masih merasa sangat malas untuk melakukan latihan olahraga yang menyehatkan. Hal semacam ini memang tidak seharusnya terjadi karena ada kabar gembira bagi kita semua.

Telah ditemukan latihan pengganti untuk mengisi sela-sela kesibukan dengan latihan kebugaran yang menyehatkan, yakni latihan jumping jack.

Tips dan Cara Melakukan Jumping Jack

Cara melakukan latihan jumping jack atau lebih dikenal dengan istilah star jump adalah dengan berdiri tegap pada posisi yang siap namun tetap santai dan rileks. Setelah itu lakukan lompatan kecil. Selagi tubuh kita berada di udara, rentangkan kaki dengan lebar sebahu atau lebih lebar lagi jika mampu. Sembari merentangkan kaki, angkat juga kedua tangan dengan rileks.

Ketika kaki kita sudah menyetuh permukaan lantai maka kedua tangan kita bisa kita pertemukan di atas kepala. Setelah itu, lakukan lompatan kecil kembali agar bisa berada pada posisi siap seperti semula. Anda bisa melakukan latihan ini berkali-kali semampu anda.

Manfaat Jumping Jack yang Belum Anda Ketahui

Sama seperti latihan aerobik yang lain, latihan jumping jack sangat bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung kita, menyalurkan lebih banyak oksigen dalam darah yang menuju ke  otot, dan juga meningkatkan aliran darah. Seiring dengan semakin meningkatnya detak jantung kita saat melakukan latihan jumping jack, maka pembakaran kalori dalam tubuh pun juga akan meningkat seta berujung pada pembakaran lemak berlebih dalam tubuh secara efisien.

Selain beberapa manfaat yang sudah kami sebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat jumping jack yang harus anda ketahui.

Latihan jumping jack adalah salah satu latihan yang berbasis full body workout, yang artinya latihan dengan melibatkan kelompok otot-otot besar yang ada di dalam tubuh untuk selalu bergerak aktif selama menjalani latihan. Otot-otot tersebut diantaranya otot lengan, otot perut dan juga otot kaki. Untuk lebih melatih otot tubuh yang lain, maka kita bisa menambahkan gerakan squat ketika turun dari lompatan. Dengan demikian, akan ada banyak otot yang sama-sama terlatih seperti, otot punggung, paha, dan juga otot pinggang.

Melakukan latihan jumping jack juga akan merangsang tubuh kita untuk mampu melakukan reaksi kimia, yakni melepaskan hormon endorfin yang berfungsi untuk menjadikan perasaan lebih rileks, tenang, dan meredakan stress. Hormon ini juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit setelah selesai melakukan latihan jumping jack.

Selain itu, karena selama latihan kita melakukan pernafasan dalam, maka hal ini dapat mempertajam fokus serta energi dalam tubuh. Jika anda bertujuan untuk mengurangi stress, maka anda bisa melakukan latihan ini selama kurang lebih 20 menit dengan diselingi jogging di tempat jika tidak kuat saat melakukannya terus menerus.

Untuk membakar lemak agar lebih maksimal, maka latihan ini bisa anda lakukan dengan intensitas tinggi. Caranya adalah dengan melakukan jumping jack selama 1 menit agar detak jantung dapat meningkat, setelah itu istirahat dulu sekitar 1 menit. Kemudian, untuk membakar lemak yang optimal maka lakukan jalan cepat sekitar 5 menit dan dilanjutkan dengan melakukan jampung jack kembali selama 1 menit. Lalu kembalilah melakukan jalan cepat selama 5 menit dan begitu seterusnya. Jika anda ingi pembakaran lemak semakin efektif maka ulangi rotasi ini selama durasi 25 menit.

20 Variasi dan Macam Jumping Jack

Itulah ulasan lengkap mengenai manfaat jumping jack bagi tubuh serta kesehatan. Apakah anda tertantang untuk mencobanya? Nah sekarang siapkan timer da1n juga tambahan lagu-lagu penyemangatmu dan mulai berlatih sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *