Sebelum Memutuskan Membeli atau Menyewa Apartemen, Simak Tips Berikut

Saat ini anda pasti sudah paham apa itu dengan fungsi apartemen dan kemungkinan sebagian besar anda juga penasaran dengan bagaimana sistem apartemen itu bekerja. Tentu saja apartemen sendiri bekerja sedikit lebih elit jika dibandingkan dengan sistem rumah kontrakan atau sistem kamar kos-kosan yang lebih simpel dan tentunya lebih murah. Apartemen memang biasanya untuk anda yang berkantong tebal.

Sementara itu apartemen sendiri ternyata memiliki dua macam jenis yakni anda bisa membelinya atau sekedar menyewanya saja. Untuk membeli apartemen sendiri anda bisa melakukan pembayaran secara tunai atau kredit. Jika memilih jalur kredit maka anda harus membayar biaya DP dan kredit melalui bank dengan perhitungan 30% dari gaji bulanan anda. Sehingga bank akan meminta data lengkap anda hingga slip gaji anda sebagai bukti jumlah gaji anda perbulannya.

Dan jika anda ingin sekedar menyewa apartemen, maka anda hanya perlu membayar biaya bulanan yang di dalamnya cukup banyak rinciannya. Rata-rata harga biaya sewa dari apartemen sendiri kisaran Rp 3 jutaan hingga Rp 20 jutaan yang semuanya memang tergantung dengan pengembang dan lokasi dari apartemen tersebut.

Berbicara tentang rincian tagihan dari apartemen sendiri, maka ada beberapa perhitungan khusus. Seperti biaya jasa maintenance gedung dihitung dari luas tanah apartemen yakni Rp 10 rb/m2. Sehingga jika luas apartemen 50m2 maka biaya yang anda keluarkan total adalah Rp 500 ribuan. Selain itu biaya lain adalah biaya tagihan listrik, air dan service charge sebesar 20%.

Sebelum memutuskan untuk menyewa atau membeli apartemen juga pastikan moda transportasi yang tersedia di lokasi apartemen anda sudah terorganisir dengan baik. Anda juga bisa menentukan anda ingin menggunakan moda transportasi umum atau pribadi, karena hal ini bisa membuat over budgeting jika anda tidak pikiran sebelumnya matang-matang.

Sementara itu ketika anda sudah memiliki apartemen kecil, ternyata ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan. Apartemen kecil seperti ini sangat mudah sekali dijual lagi karena peminatnya sangat banyak baik dari kalangan eksekutif muda atau keluarga muda. Karena apartemen saat ini memang menjadi salah satu hunian yang di idamkan banyak orang selain harus membeli rumah yang saat ini harganya benar-benar sangat mahal.

Selain itu berbagai kebutuhan ketika berada di apartemen tersedia dengan baik seperti area gym, berenang, belanja, restoran dan lain sebagainya. Mendekorasi kamar apartemen juga membuat anda tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya sehingga anda bisa menyimpan uang anda untuk kebutuhan lainnya.

Untuk menjaga kebersihan dari apartemen anda, maka ada beberapa pilihan yakni anda bisa membersihakn sendiri atau menggunajakan jasa pembantu kebersihan. Jika anda adalah tipe orang yang sibuk maka anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk membayar jasa kebersihan ini dan dijamin apartemen anda akan selalu dalam kondisi terbaik tanpa anda harus repot-repot atau capek-capek membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *